Tentang Product Challenge
Apiary Product Challenge merupakan sebuah mini product competition yang rutin diadakan oleh Apiary Academy setiap bulannya dimana peserta akan menyelesaikan problem statement/ studi kasus untuk kemudian akan diunggah ke media sosial masing-masing peserta dan akan dinilai langsung oleh Product Experts yang berkolaborasi pada bulan tersebut.
Product Challenge “Design Edition”
Product Challenge kali ini berkolaborasi dengan Design Jam Indonesia, sebuah komunitas desain UI/UX, dan akan menantang kamu menyelesaikan studi kasus terkait product design. Peserta akan diminta untuk mengembangkan suatu konsep menggunakan salah satu framework atau metode dari Product Design.
Peserta akan diminta untuk mengembangkan suatu konsep menggunakan salah satu framework atau metode dari Product Design.
Lihat Tantangan SekarangKenapa Harus Ikut Product Challenge

Memfasilitasi peserta untuk bisa membuat portofolio manajemen produk yang akan membantu mereka untuk lebih berpotensi mendapatkan pekerjaan di bidang manajemen produk.

Meningkatkan exposure & personal branding dari peserta sebagai seorang product enthusiast melalui publikasi konten kompetisi seluruh peserta di website Apiary Academy

Mendapatkan kesempatan untuk diberikan feedback oleh Product Designer Expert dari Community Partner Apiary Academy. Hasil penilaian akan dipublikasikan secara terbuka ke email masing masing peserta
Hadiah Untuk Para Pemenang
🏆 Best Content (Top Scores)
🏆 Favourite Content (High Engagement)

Background:
Anda diharuskan mengembangkan solusi desain yang dapat membantu pengguna agar dapat memesan tiket kereta api sesuai jadwal yang diinginkan, tanpa takut kehabisan slot kursi. Masalah yang sering dialami pengguna adalah sering kehabisan slot kursi saat memesan tiket kereta. Hal ini terjadi meskipun pengguna telah sampai pada tahap akhir yaitu pembayaran. Akibatnya, pengguna harus mengulangi kembali step dari awal dan mencari jadwal kereta api yang lain.
Referensi Platform Terkait:
- Aplikasi KAI
- Tiket.com
- Traveloka
Pain Points:
-
Pengguna sulit menemukan jadwal kereta api yang sesuai dengan keinginannya.
-
Terbatasnya slot kursi yang tersedia, dan juga seringkali kehabisan slot kursi ketika ingin memesan tiket.
-
Pengguna sering terburu-buru saat proses pembayaran karena takut kehabisan slot kursi.

Assignment
Anda diminta untuk membuat solusi dan wireframe untuk menyelesaikan masalah pengguna yang takut kehabisan slot kursi saat memesan tiket, sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya. Jika perlu, Anda bisa menambahkan solusi lain.
Deliverables:
- PDF Deck
Anda diminta untuk membuat dokumen mengenai solusi untuk permasalahan yang telah dijelaskan di atas. Dokumen dapat berbentuk dokumen (.doc) atau presentasi (.ppt), namun ubahlah formatnya menjadi PDF agar mudah dibaca.
- Design
Anda juga diminta untuk menyertakan visualisasi desain yang dapat digabungkan dengan Dokumen PDF di atas. Cukup sertakan desain HI-FI dengan minimal 2-3 layar yang disesuaikan dengan solusi yang ditawarkan
Tentang Juri Product Challenge
Ravi Mahfunda
Senior Product Designer di Vidio
Founder Design Jam Indonesia
Seorang Senior Digital Product Designer dengan lebih dari 3 tahun pengalaman bekerja di perusahaan-perusahaan besar. Dia memiliki visi besar untuk membentuk komunitas desain dengan mendirikan Design Jam Indonesia, sebuah komunitas online UX Design yang berskala nasional.
Kevin Merico Setiawan
UI Designer di One Week Wonders
Akrab dipanggil Iko, adalah seorang UI Designer di sebuah agensi di Yogyakarta, One Week Wonders (OWW). Saat ini ia juga menjadi Reviewer Reguler di League by Design Jam Indonesia.
Timeline Kegiatan

3 Mei 2023
Open Challenge & Submit Deck

31 Mei 2023
Close Challenge

31 Mei-2 Juni 2023
Scoring by Jurries

6 Juni 2023
Announcement
Take the Challenge!
Syarat
Pendaftaran
Kriteria
Penilaian
Pendaftaran
Pendaftaran Product Design Challenge Featuring Design Jam Indonesia telah dibuka. Silahkan isi form berikut.

Subscribe Our Newsletter