Skill Product Manager Untuk Fresh Graduate

karir 101
Skill Product Manager

“Gue bentar lagi lulus nih, pengen jadi PM gimane ya Bro?”

Bro, gimana ya biar bisa di-notice company kalau mau apply PM?”

Itu contoh segelintir pertanyaan yang banyak mahasiswa / fresh grads lontarkan ke mentor-mentor Product Management. Nah, sebelum masuk menu utama pembahasan kita, ada baiknya kita harus tahu secara general apa sih yang akan dinilai oleh interviewers untuk merekrut fresh grads sebagai PM. 

Menurut Gayle Laakmann Mcdowell & Jackie Bavaro dalam bukunya “Cracking the PM Interview: How to Land a Product Manager Job in Technology” calon PM harus menjawab tiga kriteria ini untuk menjadi outstanding, yakni:

  • Are you smart people who can get the stuff done?
  • Can you be trusted to make the right decision?
  • Can you push through all of the potential roadblocks to deliver a great product?

Pertama, company biasanya mencari kandidat yang cukup pintar dan mampu menyelesaikan pekerjaannya. Dituntut inovasi & prioritisasi yang baik untuk menyelesaikan semua pekerjaan. Kedua, company juga mencari orang yang mampu dipercaya mengambil keputusan yang tepat. Hal ini dapat diasah dengan kemampuan dan pengalaman leadership. Ketiga, company akan mencari orang dengan kemampuan problem solving yang baik sehingga dapat mengatasi berbagai blocker yang mungkin terjadi selama proses delivering the product.

Untuk menjawab tiga kriteria di atas, berikut 5 hal yang perlu lo persiapkan untuk menjadi kandidat PM yang outstanding:

Menjadi Leader di berbagai kesempatan

Lo bisa coba jadi ketua kelas, ketua di klub olahraga, ketua project, hingga ketua organisasi. PM dituntut mempunyai kemampuan leadership yang baik karena day-to-day seorang PM akan memimpin tim yang terdiri dari berbagai background (engineers, designers, QA, dll.). Selain itu, ada nilai lebih bagi lo yang berhasil build something from scratch (mendirikan klub hingga mendirikan bisnis). Hal ini menunjukkan nilai inisiatif dan entrepreneurship.

Aktif berpartisipasi dalam Group Project

Disini, lo bisa ikutin group project apapun tapi lo gak harus menjadi leader of the group. Cukup berperan aktif dan ikut beberapa Group Project akan menunjukkan bahwa diri lo punya kemampuan followership yang merupakan bagian tak terpisahkan dari kemampuan leadership. Berpartisipasi dan menyelesaikan project akan mencerminkan etos kerja dan komitmen lo.

Dengan aktif mengikuti project, lo juga bisa memperhatikan dinamika anggota grup dan belajar dari anggota lain dalam mengatasi masalah yang muncul. 

Ambil INTERNSHIP! (PLIS INI PENTING) 

Gak ada hal yang lebih bisa maksa seseorang buat belajar selain terjun langsung ke dunia tersebut. Internship akan membuat lo langsung merasakan exposure menjadi seorang PM serta merasakan culture dari sebuah company/startup. Semakin lengkap dan robust pengalaman internship lo, semakin mudah juga untuk dilirik oleh calon company.

Khusus bagi lo yang punya background IT dan ingin menjadi PM, ada baiknya lo nyobain keduanya: intern sebagai engineer dan intern sebagai PM. Intern sebagai  engineer akan memberikan sudut pandang lain terkait hubungan PM & Dev Team yang bisa jadi bekal lo ketika udah terjun sebagai PM.

Ikut PM course / training

Yang ini gak usah ditanya lagi deh. Hukumnya wajib banget! Untuk melengkapi pengalaman internship sebagai PM, lo juga harus bekali diri dengan teori fundamental dari Product Management itu sendiri. Beberapa provider course yang terkenal seperti Product School & Product Gym. Untuk versi lokal, lo bisa banget cobain Apiary Product Management Training Program (pengalaman penulis ikut yang Apiary Training)

Buat side project lo sendiri

Cara terbaik untuk bisa standout dari calon kandidat lainnya adalah dengan mempunyai side project bisa berupa aplikasi mobile atau website. Ini dapat menambah added value kamu khususnya dalam hal skill desain dan customer focus

Disini, lo ga harus punya tech/design skill untuk membuatnya sendiri. Lo cukup memahami secara garis besar tech/design seperti apa yang dibutuhkan dan lo bisa bekerja sama dengan teman lo yang punya kemampuan itu dan sedang ingin membangun portofolionya juga. Hal ini juga bisa mengasah leadership & teamwork kalian!

Itulah 5 hal yang perlu lo persiapkan untuk menjadi kandidat PM yang outstanding. Let me sum up, intinya adalah lo harus cari cara untuk menunjukkan leadership, problem solving skills & initiative / entrepreneurship. Selain itu, lo juga dituntut harus memiliki komitmen dan etos kerja yang tinggi ya. Hal ini bisa diasah dengan memiliki sense of belonging yang tinggi terhadap apa yang lo sedang kerjakan.

Terkhusus untuk lo yang memiliki background IT dan ingin terjun ke PM, lo juga harus bisa menunjukkan hal-hal yang lebih dari coding-skill yang lo punya seperti yang disebutkan di paragraf sebelumnya yaa. Remember, a great PM should understand these 3 areas: Business, UX & Tech!

Written by Dicky Haarits Zairull

Suscribe Newsletter