Pahami Kompetitor dengan metode Product Comparison

product strategy

Apakah kamu sudah menemukan market fit dari produk kamu?

Sebuah produk bisa sukses jika sudah menemukan product market fit dan ini bisa dilakukan dengan melakukan Product Comparison. Dari situ, kamu akan dapat melihat celah, peluang dan mengawasi apa yang akan dilakukan oleh kompetitor. Kemudian kamu dapat mengembangkan strategi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Melakukan Product Comparison dapat menggunakan suatu template yang akan membantu kamu menentukan poin-poin apa saja yang dibutuhkan untuk dapat memahami pelanggan dan mengeksplorasi masalah, solusi serta alternatif apa saja yang dapat digunakan.

Memahami Product Comparison

Product Comparison adalah sebuah metode untuk memahami pasar dengan menganalisis kekuatan dan kelemahan kompetitor. Ini dapat membantu seorang Product Manager dalam menyusun strategi serta mengidentifikasi kesuksesan suatu produk. Dalam membuat Product Comparison, seorang Product Managers harus dapat menjawab hal-hal berikut:

  • Siapa saja perusahaan lain yang memiliki calon pelanggan yang sama
  • Layanan dan produk apa yang kompetitor miliki?
  • Berapa harga dan apa value  yang kompetitor berikan?
  • Apa kelebihan dan kekurangan kompetitor?
  • Apa value yang dapat perusahaan kamu berikan?
  • Jika dibandingkan, bagaimana posisi produk kamu dengan kompetitor?

Untuk memudahkan komparasi, kamu dapat menggunakan template yang sudah Apiary Academy persiapkan. Lakukan komparasi produk secara teratur untuk mengevaluasi dan memantau bagaimana posisi produk kamu jika dibandingkan dengan kompetitor. Ada dua opsi yang kami sediakan. Gunakan templates sesuai dengan objektif analisismu:

  • Competitor Profile 

Analisis ini menggunakan pemetaan informasi penting dan terperinci dari setiap pesaing. Selain SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats), kamu juga harus menganalisa lokasi, revenue, persona pelanggan, dan lainnya.

  • Competitive Differentiation Analysis

Jika kamu membutuhkan analisa produk mana yang harus diantisipasi dan mana yang harus ditingkatkan serta potensi apa yang bisa dikembangkan, metode ini sangat cocok.

Dengan metode ini, kamu akan memahami setiap area pada produk kamu dan kompetitor serta dapat memprioritaskan apa yang harus dikembangkan agar dapat memberikan solusi dan memastikan memberikan customer experience yang terbaik.

Download templates dari  Product Comparison disini:

Mau tau hal-hal apalagi yang penting dan perlu diketahui oleh seorang Product Manager untuk membuat suatu produk yang sukses?

Ikuti Apiary Academy Training Program dan juga Events yang bisa kamu cek informasinya disini