5 keuntungan saat melakukan product launch secara virtual

product management 101
keuntungan product launch

Pada hakikatnya, product launch adalah aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan untuk merilis product atau variasi barunya di pasar. Product ataupun layanan yang launching tersebut bisa benar-benar produk yang baru ataupun produk lama yang sudah diremajakan kembali. Dalam proses Product launch kerap dijadikan sebagai salah satu strategi pemasaran yang ampuh untuk menarik konsumen dalam jumlah banyak yang secara langsung diharapkan meningkatkan penjualan produk.

Tantangannya di Tengah kondisi pandemi dan diberlakukannya kebijakan sosial distancing sudah pasti akan tidak mungkin untuk melakukan launching produk secara tatap muka dan menghadirkan banyak stakeholder. Ini tentu menjadi tantangan baru bagi Product manager dalam suatu perusahaan.

Kabar baiknya, di era kemajuan teknologi dan cepatnya informasi melalui internet launch produk baru yang biasanya melalui ruangan eksklusif atau pameran kini bisa diselenggarakan secara virtual melalui layanan digital streaming, di mana seluruh masyarakat bisa dengan langsung menyaksikan dan melihat secara langsung proses launching product.

Berikut adalah 5 keuntungan product launch secara virtual:

Brand Awareness sampai Mendongkrak Citra Positif Perusahaan

Kegiatan product launch yang dilakukan dengan baik bisa dijadikan sebagai salah satu sarana komunikasi pemasaran dalam aspek membangun kesadaran merek. Disini dengan melakukan produk launch melalui virtual akan memperluas jangkauan. Bila biasanya launching product jumlah terbatas audiens sebatas ruang kapasitas ruang pemeran kini tak lagi batasan kapasitas dan ruang, belum lagi bika menggunakan strategi yang tepat tentu akan mampu menciptakan kehebohan yang sangat besar dan meluas.

Selain target audiens yang menghadiri acara tersebut, publik masyarakat luas pun akan terkena eksposure. Setidaknya, mereka yang tidak mengenal merek dan produk dari brand tersebut akan menjadi kenal, sehingga akan berdampak positif pada perusahaan.

Hal itu secara tidak langsung akan mampu meningkatkan citra positif perusahaan yang menawarkan produknya tersebut. Kondisi ini tentunya sangatlah menguntungkan bagi perusahaan, karena dengan adanya citra positif, maka akan mampu memberikan banyak kemudahan bagi perusahaan itu sendiri. Dengan kemudahan persebaran informasi melalui channel virtual akan memperluas eksposur sehingga usaha yang dibutuhkan akan relatif lebih kecil. artinya effort lebih muda untuk dampak yang cukup besar.

Penargetan konsumen, menciptakan kebutuhan atau keinginan yang relevan

Selain mampu menciptakan kesadaran merek, launch produk secara virtual dengan pemilihan channel yang tepat dimana banyak diakses target konsumen memungkinkan semakin besar keberhasilan peluncuran produk. Sehingga akan banyak konsumen yang membeli produk tersebut karena mereka menyadari bahwa mereka membutuhkan atau minimal menginginkan produk tersebut setelah secara langsung bisa mempelajari fitur ataupun fungsi dari produk yang ditawarkan.

Perlu untuk diketahui bahwa product launch tidak sebatas produk yang benar benar baru, bisa juga merupakan memperkenalkan fitur baru, perubahan, kemasan baru, ataupun inovasi lanjutan dari suatu produk maupun layanan. Jadi, jika sebelumnya audiens tidak terlalu memahami fungsi ataupun bagaimana cara menggunakan suatu produk, dengan melihat acara tersebut, maka mereka akan mengetahui cara menggunakannya. Dengan begitu konsumen akan terbantu dalam membuat keputusan membeli produk.

Menciptakan Publisitas lebih luas

Kegiatan product launch yang sudah terencana dengan baik adalah sumber publisitas yang baik untuk produk itu sendiri. Audiens akan menganggap bahwa produk akan memiliki nilai yang tinggi bila mampu melakukan taktik pemasaran yang tepat sesuai dengan produk dan juga target pasar.

Launch product secara virtual akan lebih optimal misal dengan mengundang artis ataupun selebriti selama event, ini memungkinkan sebagian besar penggemar dari artis tersebut akan secara otomatis menyukai produk Anda juga. Tapi dengan catatan pastikan artis yang digandeng memiliki basis fans yang merupakan target pasar produk kita.

Meningkatkan Penjualan di Awal Peluncuran Produk dan Keunggulan Kompetitif

Karena audiens atau konsumen sudah menyadari fitur dan manfaat dari produk, maka tingkat pembelian yang datang dari konsumen pun akan tinggi setelah produk tersebut diluncurkan di pasar. Dengan cara tersebut, maka perusahaan bisa mendapatkan sebagian besar dari pengeluaran yang mereka keluarkan dalam melakukan produksi dan pemasaran.

Beberapa waktu awal setelah kegiatan product launch adalah waktu yang sangat penting untuk bisa meningkatkan penjualan produk. Pastinya kalian pernah kan melihat event launching product secara virtual dimana bila closing selama event berlangsung maka berkesempatan mendapat special bonus? Sebagian besar perusahaan bahkan sudah menerapkan strategi ini.

Dengan membuat acara product launch, maka Anda juga bisa menciptakan suatu keunggulan kompetitif pada kompetitor Anda di pasar. Bila Anda mampu merencanakan product launch dengan baik, serta di waktu dan tempat yang tepat, maka akan mampu meningkatkan basis konsumen, bahkan mendapatkan pelanggan menjadi hal yang mudah. Hal ini tentunya akan membuat audiens lebih mau memilih produk Anda daripada produk kompetitor.

Instant feedback dan Peluang Pengembangan Portofolio

product launch secara virtual sangat memungkin perusahaan bisa secara mendapatkan feedback mengenai produk yang sedang dipasarkan bahkan secara langsung. Ini tentu sangat menguntungkan untuk mengetahui respon public yang nantinya bisa sebagai bahan pertimbangan step selanjutnya.

Dengan begitu ini akan memberikan Anda peluang yang lebih baik dalam mengembangkan bisnis. Semisalnya, bila Anda mempunyai perusahaan startup, maka dengan melakukan kegiatan product launch, Anda akan mampu mendapatkan banyak penawaran bisnis yang berasal dari perusahaan dengan skala yang lebih besar. Bisa dibayangkan bagaimana product lancing secara virtual akan sangat berdampak positif bukan hanya ke product yang sedang di launching tapi ke bisnis secara makro.

Written by: Rizky Febrian

Suscribe Newsletter