Keterampilan yang Paling Dibutuhkan di Pekerjaan Hybrid

product management 101

Hibridisasi pekerjaan di Indonesia telah mengubah pasar kerja dan mengubah apa yang dicari perusahaan pada karyawan. Ekspansi pesat oleh teknologi baru dan digitalisasi ekonomi telah mengubah karakter pekerjaan dengan mengintegrasikan elemen teknologi ke dalam posisi non-teknis.

Apa Itu Keterampilan Hybrid?

Keterampilan hybrid atau hibrida adalah kombinasi keterampilan teknis dan non-teknis yang cukup bervariasi tergantung pada pekerjaan dan perusahaan. Teknologi yang terus berubah menuntut pekerja untuk memiliki keterampilan yang lebih untuk beradaptasi, berubah, dan mengembangkan produk serta layanan baru.

App Developer tidak hanya membutuhkan keterampilan pengkodean tetapi juga harus mampu menulis salinan dokumen, berkomunikasi dengan desainer tentang aspek visual aplikasi, mengumpulkan dan mengintegrasikan feedback dari pengguna, dan memecahkan masalah yang muncul. Developer harus memiliki keterampilan belajar terus-menerus untuk memperbarui teknik pengkodean mereka dan beradaptasi dengan platform yang baru serta yang direvisi.

Keterampilan Utama untuk Pekerjaan Hybrid

Berikut keterampilan yang mendorong hibridisasi pekerjaan :

  1. Big data dan analitik
  2. Irisan dari design dan development
  3. Sales dan customer service
  4. Teknologi digital yang berkembang
  5. Kepatuhan dan peraturan yang berkembang

Soft skill yang paling banyak dicari antara lain kreativitas, persuasi, kolaborasi, kemampuan beradaptasi, dan manajemen waktu. Sedangkan hard skill yang paling dibutuhkan pengusaha meliputi cloud computing, kecerdasan buatan, analytical reasoning, people management, UX Design, pengembangan aplikasi seluler, produksi video, sales leadership, translation, produksi audio, natural language processing, scientific computing, pengembangan game, social media marketing, animasi, analisis bisnis, jurnalisme, pemasaran digital, desain industri, strategi bersaing, customer service systems, pengujian perangkat lunak, data science, grafik komputer, dan komunikasi perusahaan.

Untuk dapat berkompetisi di dunia kerja, kamu perlu meningkatkan keahlian kamu, salah satunya dengan mengikuti program pelatihan ataupun sertifikasi jangka panjang atau pendek yang bisa kamu ikuti secara online. Seperti pelatihan program Product Management dari Apiary Academy yang dapat membantu kamu meningkatkan soft & hard skill dan mempersiapkan kamu untuk menjadi Product Manager. 

Cek informasi lengkap program kami di academy.apiary.id