Jenjang Karir Product Manager

product management 101
jenjang karir product manager

Halo teman teman penggiat product. Saya yakin kalian semua ingin memiliki jenjang karir yang baik, yang terus meningkat hingga sampai pada puncak posisi. Nah bagaimana dengan jenjang karir di tim product? apa sih level terendah dan tertingginya, beserta perbedaan tugas dan tanggung jawabnya? Untuk itulah tulisan ini dibuat, artikel ini akan menjelaskan jenjang level product manager. 

Here we go langsung saja tanpa banyak basa basi kita mulai

Associate Product Manager

Ini adalah Entry level atau level awal masuk di dalam dunia product manager. Biasanya minimal waktu kerja yang dibutuhkan untuk bisa bekerja sebagai APM adalah 1-2 tahun atau bahkan di beberapa startup tertentu tidak memerlukan minimal pengalaman untuk bisa menjadi APM. Fungsi utamanya ialah membantu pekerjaan product manager sehari-hari. dalam level. dalam level ini product yang dipegang atau yang menjadi tanggung jawab seorang APM masih terbatas atau sedikit. Dan juga tidak mengambil keputusan stratejik perusahaan terkait product.

Product manager

Tahap selanjutnya ialah product manager. Biasanya minimal waktu kerja yang dibutuhkan untuk bisa bekerja sebagai APM adalah 3-5 tahun. Seorang Product manager sudah bisa memberikan suara kepada stakeholder terkait keputusan stratejik product perusahaan. Product manager memiliki tanggung jawab yang jauh lebih besar. serta bertanggung jawab terhadap data-data dari product mereka. Apakah sudah mencapai target atau belum. Jika belum kenapa bisa sampai belum achieve, apa yang perlu dilakukan.

Senior product manager

Secara tugas biasanya hampir sama dengan product manager, hanya saja SPM atau Senior Product Manager jauh lebih berpengalaman secara tahun pengalaman kerja dalam dunia product. dan memiliki tanggung jawab untuk mengatur pembagian kerja APM dan PM yang berada di bawahnya agar bisa bekerja dengan sesuai target yang diharapkan

VP of product management

Mungkin di beberapa tempat peran ini bernama Product Manager Lead. Fokus utama pekerjaan VP of Product adalah membantu CPO (Chief product officer) dalam memastikan kesuksesan product - product perusahaan baik yang sudah ada maupun perencanaan jangka panjang terhadap roadmap product yang disusun. Oleh karenanya VP of Product juga harus memonitoring kepada Para PM/SPM lintas product terkait progres maupun hambatan yang terjadi, sehingga bisa memberikan masukan untuk CPO dalam mengambil keputusan product perusahaan. Artinya VP of product harus memahami semua product-product yang ada, berbeda dengan PM atau SPM yang hanya perlu memahami product mereka saja.

Chief product officer  (CPO)

Ini adalah posisi tertinggi di dalam product management. Oleh karena itu CPO membawahi semua pekerja yang terkait dengan produk. CPO harus memiliki visi, misi serta value  yang jelas terkait product dari perusahaan. Oleh karena itu tanggung jawab product terhadap para stakeholder perusahaan ada di pundaknya. 

Nah itu dia teman-teman sedikit gambaran mengenai jenjang level pada product management. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya.

Written by: Irfandi

Suscribe Newsletter