Cara Menjawab Pertanyaan Interview PM Tentang Metrik Menggunakan Game Framework

karir 101
Cara Menjawab Pertanyaan Interview PM

Saat melakukan wawancara untuk posisi Product Manager atau Product Management lainnya, biasanya kamu akan diberikan pertanyaan terkait metrik. Mungkin agak sulit untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan kalau belum punya pengalaman sebelumnya atau gambaran yang jelas tentang pekerjaan tersebut.  Berikut adalah beberapa tips tentang cara menjawab pertanyaan metrik selama wawancara untuk Product Manager.

#1. Tentang Metric Question

Photo by Lukas

Pertanyaan tentang metrik merupakan salah satu pertanyaan yang diajukan oleh interviewer (user) di Product Manager Interview. Tujuan dari pertanyaan ini adalah untuk menilai pemahaman kandidat terkait bagaimana mengukur tingkat keberhasilan dari suatu produk dan apakah kandidat memahami metrik yang terkait dengan tujuan bisnis perusahaan secara keseluruhan. 

Pertanyaan metrik ini biasanya diajukan oleh user mulai dari tingkat Product Manager Senior hingga Direktur Product Manager. Perusahaan-perusahaan besar seperti Facebook dan Google menggunakan pertanyaan-pertanyaan ini untuk mengevaluasi pemikiran kritis dan keterampilan komunikasi dari kandidat. 

Pertanyaan tentang metrik ini bisa terasa sulit pada awalnya. Namun, jika kamu tahu triknya, ini bisa menjadi mudah untuk dijawab. Simak caranya di bawah ini! 

 

Baca: Cara Menjawab Guesstimation Saat Interview Product Manager

 

#2 Tips dan Trik Menjawab Metric Question

Salah satu framework yang dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan metrik adalah GAME framework. GAME singkatan dari Goals, Actions, Metrics, Evaluations.

  • Goals: Tentukan tujuan produk. Apa visi produk perusahaan? Bagaimana prospek produk dalam lima tahun ke depan?
  • Actions: Tindakan apa yang kamu ingin pengguna kamu untuk mendukung tujuan ini?
  • Metrics: metrik apa yang bisa merekam tindakan pengguna
  • Evaluations: Evaluasi metrik yang telah kamu pilih dengan mempertimbangkan kelebihan dan kelemahannya 

 

Photo by myproductthoughts

#3 Contoh Studi Kasus of Metric Question

Berikut adalah contoh case study untuk topik metrik:

“Metrik apa yang akan kamu gunakan untuk mengukur keberhasilan Facebook News Feed?

 

Solusi

1. Goals

Tips: Pastikan kamu mengetahui produk tersebut (Facebook) dengan baik. Perlu diketahui bahwa News Feed adalah salah satu fitur utama di Facebook dan juga tentunya akan memiliki banyak tujuan bisnis seperti user engagement, menghasilkan ad revenue, dan fitur new personalization.

Tidak ada jawaban yang salah untuk menentukan apa yang menjadi fokus kamu dari tujuan bisnis tersebut. Yang penting adalah kamu punya landasan yang kuat dari tujuan bisnis yang ingin kamu fokuskan. 

Contoh jawaban: 

“Dari pandangan saya, terdapat beberapa use cases untuk News feed ini termasuk melibatkan pengguna, menghasilkan pendapatan iklan, dan menguji fitur new personalization. Facebook membutuhkan keterlibatan pengguna yang kuat (misi Facebook adalah memberikan kekuatan kepada orang untuk membentuk komunitas dan mendekatkan orang-orang), jadi saya berasumsi bahwa ini adalah tujuan bisnis utama. Apakah kamu setuju dengan pandangan saya?”

 

2. Actions

Tips: Selanjutnya, kamu harus memikirkan semua tindakan yang dapat dilakukan pengguna dalam produk. Menyebutkan setiap tindakan akan membantu kamu fokus pada metrik yang tersedia dan menghindari metrik yang tidak dapat dilacak.

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan memikirkan apa saja aktivitas utama bagi pengguna agar tetap engaged. Kamu harus membuat daftar setiap tindakan yang relevan (misalnya membuat postingan, melihat postingan, berkomentar, menyukai, berbagi, dan lainnya.). 

Namun, ada baiknya juga untuk menghindari terlalu banyak detail. Misalnya, cukup cantumkan "menyukai" sebagai kategori tindakan daripada "menyukai kiriman teman, menyukai kiriman grup, menyukai acara, menyukai komentar, dan sebagainya." Selanjutnya, kamu perlu memprioritaskan daftar tindakan kamu. Ingatlah untuk menggunakan tujuan yang kamu tetapkan pada langkah sebelumnya untuk menjelaskan pemikiran kamu. 

Contoh jawaban:

“Menurut saya ada tiga tindakan dari pengguna yang mencerminkan keterlibatan atau engagement yaitu memposting, berkomentar, dan berbagi.”

 

3. Metrics

Tips: Setelah kamu memiliki daftar tindakan yang diprioritaskan, saatnya untuk menentukan metrik terkait untuk masing-masing tindakan. Dalam langkah ini, penting bagi kamu untuk menentukan metrik yang akan kamu ukur dengan presisi.

Misalkan dari langkah kita sebelumnya, setelah berdiskusi dengan pewawancara kamu, kamu memprioritaskan tindakan “komentar” dan “bagikan”. Berbicara tentang "komentar" dan "berbagi" tidak cukup karena ada banyak cara berbeda untuk melacak tindakan ini.

Contoh jawaban: 

Menurut saya, saya akan berfokus pada aktivitas komentar dan berbagi karena kedua aktivitas ini dapat mengajak banyak orang untuk ikut berinteraksi. Untuk mengukur keterlibatan berdasarkan kedua tindakan ini, berikut adalah beberapa metrik yang dapat dilacak:

     1. Matriks "Komentar"

  • Komentar per seribu sesi
  • Komentar per seribu posting yang dilihat
  • Komentar per seribu posting yang diklik

     2. Matriks "Bagikan (Share)"

  • Bagikan per seribu sesi
  • Bagikan per seribu posting yang dilihat
  • Bagikan per seribu posting yang diklik

 

4. Evaluations

Tips: Setelah menentukan metrik, kamu harus menyimpulkan diskusi dengan menjawab pertanyaan awal dengan metrik yang kamu rekomendasikan. Terakhir, evaluasi metrik yang telah kamu pilih dengan menyoroti kelebihan dan kelemahannya.

Untuk contoh Facebook Newsfeed, kamu dapat menjawab seperti berikut

“Jadi, untuk meningkatkan keterlibatan (engagement) News feed, pertama-tama saya akan melihat komentar dan pembagian per seribu sesi. metrik ini akan memberi kami gambaran tentang keterlibatan yang berarti bagi rata-rata pengguna.”

Tips: Langkah kunci terakhir adalah menunjukkan bahwa kamu memahami kekuatan dan kelemahan metrik yang kamu rekomendasikan. Jadi, kamu dapat menjawab seperti berikut

“Yang menjadi catatan bagi kita adalah tidak semua komentar dan berbagi itu positif. Kita juga perlu memantau sentimen dari tindakan ini untuk memastikan kita menciptakan pengalaman positif secara keseluruhan. Berkomentar dan berbagi juga mewakili keterlibatan yang mendalam. Kita bisa berfokus pada metrik lain seperti jumlah sesi per pengguna per hari, jumlah suka per pengguna, dan sebagainya untuk mengukur keterlibatan bagi pengguna yang tidak berkomentar atau berbagi tetapi masih aktif menggunakan produk."

 

Baca: Cara Mempromosikan Diri Saat Interview Sebagai Product Manager

 

#4 Kesimpulan

Photo by Andrea Piacquadio

Inti dari menjawab pertanyaan metrik ini adalah pahami goal yang ingin dicapai, tentukan apa saja tindakan yang dapat dilakukan untuk membantu mencapai goal tersebut, tentukan bagaimana kita bisa mengukur tindakan tersebut melalui metrik, dan evaluasi dari metrik terpilih tersebut.

Sekian dari hasil pembahasan pertanyaan metrik ketika PM Interview menggunakan GAME Framework. Kunci dari keberhasilan menjawab pertanyaan ini adalah terus latihan, pahami produk dan unsur intrinsik perusahaan (visi, misi, value, tujuan bisnis, dan sebagainya). Semoga tulisan ini bermanfaat.

 Written by: Hendra Susanto

Referensi :

Suscribe Newsletter