Sekilas Sejarah di Balik April Fool's Day

Apr 01, 2022

Written by: Annisya Kirana Putri

Apa itu April Fool’s Day?

April Fool’s Day atau yang lebih sering kita sebut dengan April Mop adalah hari unik yang digunakan banyak orang untuk memberikan lelucon, kata-kata jahil, atau hipokrisi kepada kerabat, teman, pacar, atau bahkan ‘Calon Pacar?’ secara sengaja tanpa perlu harus bersalah. Biasanya April Fool’s Day ini peringati disetiap tanggal 1 April. Mau tau asal-usul kehadiran April Fool’s Day? wajib scroll sampai akhir ya untuk tau informasinya. 

Sejarah April Fool’s Day

Dilansir melalui informasi yang diunggah oleh website news.detik.com. April Fool’s Day Bermula pada tahun 1582, Negara Prancis mengubah kalender mereka yang awalnya kalender Julian menjadi kalender Gregorian yang mana perayaan tahun baru itu dimulai dengan ekuinoks musim semi. Artinya menurut kalender Julian perayaan tahun baru jatuh pada 1 April, sedangkan pada kalender Georgrian perayaan tahun baru jatuh pada tanggal 1 Januari. 

Jadi karena adanya miscommunication antar sesama masyarakat Negara Prancis pada saat itu, mereka terlambat untuk tau informasi perubahan kalender bahwasanya perayaan tahun baru itu sudah berpindah disetiap tanggal 1 Januari. Karena terjadi miscommunication tadi mereka jadi terbiasa untuk merayakan tahun baru pada malam menjelang tanggal 1 April disetiap tahunnya padahal sistem kalender sudah resmi diubah. 

Dari tindakan mereka yang sangat lambat untuk mencerna informasi mengenai perubahan kalender tersebut dan mereka tetap selalu merayakan tahun baru ditanggal 1 April itu mereka sebut dengan tindakan yang konyol dan sering dijadikan bahan lelucon sangkin konyol-nya mereka merayakan tahun baru di 1 April bukan di 1 Januari. Bahkan disebut juga sebagai “April Bodoh” sebagai bentuk ejekan. Nah, dari hal tersebut juga masyarakat Negara Prancis terbiasa untuk memperingati tanggal 1 April adalah April Fool’s Day mereka melakukan lelucon-lelucon ataupun tipuan dengan berbagai macam ragam bentuknya untuk menjahili kerabat, teman, atau orang-orang di sekitar mereka dan mereka tidak akan dikenakan sanksi atau tidak perlu merasa bersalah. 

Dari Negara Prancis budaya April Fool’s Day menyebar ke Inggris dan seiring berjalannya waktu sekarang budaya April Fool’s Day sudah tidak menjadi hal yang pendatang lagi dan bahkan menyebar keseluruh dunia dengan berbagai spekulasi informasi asal-usulnya dan macam-macam lelucon yang dilakukan. 

Yap, bisa kita simpulkan bahwa tanggal 1 April adalah hari jahil sedunia ya. Nah, itulah seputar informasi singkat soal April Fool’s Day apakah kamu salah satu orang yang tidak ingin kehilangan kesempatan moment di April Fool’s Day kali ini? Atau kamu seorang Product Manager yang ingin memanfaatkan moment April Fool’s Day ini untuk membuat spoiler produk yang ingin kamu luncurkan?


Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6008268/april-mop-1-april-ini-ragam-pendapat-soal-asal-mula-dan-sejarahnya