Disrupt or Die - What Kind of Product Customer Needs These Days

Written by: Vincent

[Disclaimer: ini bukan judul buku atau summary buku yah guys, hehe]

Kali ini MinVin (a.k.a admin Vincent) akan coba sharing pendapat tentang bagaimana cara mengetahui produk apa yang dibutuhkan customer. Pertama, dalam menentukan produk yang dibutuhkan customer, tentunya dimulai dari RESEARCH. Do your homework dulu!

1. Know what your customer needs before they do

a. Untuk bisa tahu mungkin ada beberapa cara default yang perlu kita ketahui

   i. Tahu isu/masalah yang akan diselesaikan

  1. Semua beranjak dari keresahan akan suatu hal/masalah tentang apapun yang ada di dunia 
  2. Perlu diingat belum tentu semua adalah isu, bisa jadi untuk meningkatkan produk juga

   ii. Tahu potensi solusi yang ada

  1. Harus melakukan riset, dimana kamu memastikan sudah adakah solusi yang terpikirkan (?)
    1. Jika belum bagaimana cara kamu melakukan validasi? 
    2. Jika sudah bagaimana cara kamu membuat solusi yang lebih baik atau berbeda dari lainnya? 

   iii. Memposisikan diri sebagai pengguna

  1. Jika kamu sudah mengerti isu yang ada, potensi solusi yang tersedia, kamu harus mengerti perspektif dari seorang pengguna
  2. Di sini sangat penting untuk membedakan apa yang pengguna butuhkan dan yang mereka inginkan, karena sering kali yang dibutuhkan belum tentu sama dengan yang diinginkan
  3. Penting sekali untuk kita mengerti jika yang dibutuhkan pengguna adalah go to dari produk yang akan kita buat. Yang users inginkan akan jadi sebagai cherry on top, pelengkap. Tapi tidak semua yang mereka inginkan kita berikan karena pasti akan ada dua keinginan yang bertolak belakang.

2. Kemudian setelah tahu apa yang customer butuhkan (before they do), lalu menjabarkan solusi kamu seperti contoh di bawah ini:

   a. Kebutuhan Produk

  1. Fungsionalitas 
  2. Harga
  3. Kenyamanan
  4. User experience
  5. Reliability
  6. Performa & Efisiensi
  7. Compatibility

   b. Kebutuhan Layanan

  1. Aksesibilitas
  2. Transparansi
  3. Fairness
  4. Informasi
  5. Empati

3. Setelah tahu detail manner dan develop produknya, perlu juga validasi dengan calon customer kamu.

a. Bagian ini sangat disarankan dan proses paling penting dalam pembuatan solusi yang kamu buat.

b. Caranya:

  • Research existing data

Dimana kamu bisa pakai CRM, atau tools apapun untuk bisa tahu bagaimana orang lain berusaha menyelesaikan masalah atau meningkatkan solusi yang sudah ada.

  • Research customer feedback

Tentunya untuk validasi apakah solusi sesuai dengan calon customer kamu.

  • Customer Journey mapping

Ini akan melatih dan membantu kamu menciptakan customer service yang proaktif untuk membantu sekaligus mendorong customer untuk bisa memilih solusi kamu nantinya.

  • Study Competitor (if any)

Most of the time, solusi yang kamu pikirkan sudah pernah dipikirkan orang lain. Satu-satunya hal yang penting adalah apa yang membedakan kamu dari mereka.

4. Setelah langkah-langkah di atas dilakukan dan produk kamu sudah release, jangan lupa untuk selalu ulangi siklus untuk kebutuhan lain dari customer yang berkaitan dengan produk kamu.

    1. Buat feedback loop untuk setiap proses yang terjadi
    2. Selalu jaga relasi dengan customer sebagai bentuk dari retensi
    3. Menjaga customer service yang bagus
    4. Last but not least, selesaikan masalah untuk customer yang tepat

Mungkin sekian dulu dari MinVin, semoga membantu kalian dalam menentukan produk apa yang diinginkan customer kalian!