Apa itu Empathy Mapping dan kegunaannya?

Nov 03, 2021

Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam karakteristik pengguna produkmu, gunakanlah Empathy Mapping.

Empathy Mapping merupakan salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui lebih lanjut karakteristik pengguna produk dan membantu kamu untuk memecahkan masalah produk yang berkaitan dengan kebutuhan pengguna. Proses Empathy mapping ini biasa digunakan dalam proses design thinking dan lebih baik dibuat sebelum mengembangkan user persona dan statement needs dari suatu produk. 

Untuk kamu yang baru ingin mencoba menggunakan Empathy Mapping, berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  1. Kumpulkan tim dan stakeholders yang bekerja dalam pembuatan produk untuk membuat empathy mapping bersama
  2. Pastikan seluruh stakeholders membawa seluruh data, penelitian, pandangan dan hasil riset yang berkaitan dengan pengguna saat hendak melakukan Empathy Mapping
  3. Berikan kesempatan setiap stakeholder untuk menuliskan hasil data yang mereka miliki dalam bentuk sketsa untuk membuat Empathy Mapping
  4. Berikan ruang kepada setiap orang untuk menuliskan hasil penelitian mereka sendiri.
  5. Kumpulkan seluruh hasil dari sketsa Empathy Mapping yang telah dibuat dan diskusikan lebih dalam untuk dapat membuat satu Empathy Mapping yang utuh.
  6. Terakhir, berikan hasil kesimpulan dari pembahasan tersebut kepada seluruh stakeholder dan pastikan mereka telah memiliki hipotesis tentang pengguna yang ingin divalidasikan. 

Saat membuat Empathy Mapping, kamu dan seluruh stakeholder perlu mencantumkan dan mengisi poin-poin berikut dari sisi pelanggan:

  1. Says - Apa yang pelanggan katakan saat menggunakan produk kamu. Apakah mereka akan membicarakan produk ini sebagai produk yang direkomendasikan? Atau sebaliknya?
  2. Do - Hal ini berkaitan dengan apa yang mereka lakukan dan bagaimana produk kamu berkaitan dan akan digunakan dalam aktivitas sehari-hari. 
  3. Feel - Perasaan merupakan hal penting yang harus kamu identifikasi dari penggunamu. Cobalah untuk mencari tahu bagaimana perasaan mereka saat menggunakan produkmu apakah senang? Atau merasa biasa saja? Kamu juga bisa tanyakan, bagaimana perasaaan pelanggan kamu jika produk ini tidak ada lagi.
  4. Think - Unsur ini merupakan bagian dimana stakeholder dapat menuangkan ide atau inovasi mereka untuk produk. Usahakan untuk selalu mendengar dan memahami ide tersebut gagasan dari setiap stakeholder yang dapat diimplementasikan kedalam produk. 

Dengan menggunakan Empathy Mapping ini, dapat membantu kamu mengidentifikasi dan memahami lebih jauh persona dari pengguna produk kamu.

Untuk kamu yang ingin mencoba mengimplementasikan Empathy Mapping, kamu bisa menggunakan template yang telah Apiary persiapkan. 



Ajak tim kamu membuat Empathy Mapping untuk memudahkan dalam mengidentifikasi pengguna dari produk yang kamu buat. Beberapa Tools lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah membuat Empathy Mapping virtual adalah Miro, Creately, Mural.co, dan lainnya!