4P Marketing Mix - Cara untuk Sukses Menjual Produk Kamu

Written by: Hendra Susanto

“Marketing is all about putting the right product in the right place, at the right price, at the right time

Secara singkat, padat, dan jelas tujuan pemasaran dapat dijelaskan seperti pada kalimat diatas. Tujuan pemasaran pada dasarnya adalah untuk memperkenalkan produk kita ke masyarakat, agar nantinya perusahaan mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan produk. Tidak mengherankan jika perusahaan menyiapkan anggaran pemasaran untuk mencapai tujuan tersebut.

Apa itu 4P dan Manfaatnya

Untuk menerapkan strategi pemasaran dengan baik, banyak hal yang perlu dilakukan antara lain: mencari tahu apa yang diinginkan pelanggan, mengidentifikasi di mana mereka

berbelanja, menentukan harga barang yang tepat bagi mereka, dan sebagainya. 4P Pemasaran adalah pertimbangan utama yang harus dipersiapkan secara matang dan diterapkan dengan bijak agar berhasil memasarkan suatu produk atau layanan. 4P yaitu product, price, place, and promotion.

Manfaat dari penerapan 4P Pemasaran antara lain :

  1. Memahami kebutuhan atau keinginan konsumen
  2. Mengidentifikasi penyebab kegagalan penawaran produk saat ini
  3. Menemukan cara untuk memecahkan masalah tersebut dan mengubah persepsi masyarakat tentang produk / jasa
  4. Menciptakan karakteristik pembeda untuk meningkatkan keunggulan kompetitif
  5. Memahami bagaimana produk berinteraksi dengan konsumen dan sebaliknya 

4P: Product, Price, Place, Promotion

Keempat elemen ini membutuhkan keseimbangan yang tepat agar suatu produk dapat berhasil. Mari kita tinjau tentang bagaimana masing-masing elemen berhubungan dengan peran product manager.

  • Product

Elemen yang paling penting dari 4P karena tanpa produk kita tidak memiliki apa-apa untuk menaruh harga, ditempatkan, atau dipromosikan. Produk dapat berupa barang fisik, produk digital, atau layanan. Agar produk berhasil, product manager harus memiliki pemahaman menyeluruh tentang produk mereka, masalah apa yang dipecahkan produk mereka dan siapa pelanggan mereka nantinya. Selain itu, product manager perlu memahami apa yang membuat produk mereka unik dari produk lain yang ada di pasaran.

  • Price

Harga mengacu pada jumlah yang akan dibayar pelanggan untuk produk atau layanan kamu. Jika produk kamu dihargai terlalu tinggi, atau terlalu rendah, produk tidak akan laku. Menentukan harga untuk produk kamu bisa jadi rumit, biasanya kamu ingin mempertimbangkan tiga variabel berikut:

- Biaya: biaya produk kamu untuk diproduksi.

- Harga: tarif yang kamu kenakan kepada pelanggan untuk produk kamu.

- Nilai: nilai yang diperoleh pelanggan dari produk kamu.

  • Place

Penempatan produk selalu penting, sekarang penempatan produk telah bergeser dari kondisi fisik ke online. Penempatan produk kamu akan menentukan keberhasilan atau kegagalan dari produk kamu. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pengujian penempatan dengan berbagai iterasi hingga mencapai eksposur maksimum.

  • Promotion 

Promosi adalah tentang bagaimana caranya secara aktif mendapatkan perhatian dari pelanggan. Promosi biasanya berbentuk iklan, mulai dari banner di website hingga billboard di pinggir jalan. Promosi adalah aspek komunikasi dari sebuah produk.

Studi Kasus Penerapan 4P

Misalkan kamu membuat kursus yang mengajarkan pengajar bahasa Inggris untuk berbicara bahasa Spanyol. Ada ratusan kursus bahasa Spanyol lainnya, jadi mengapa pelanggan harus memilih kursus kamu?

Dari segi produk, kamu menawarkan unique selling point (USP) atau pembeda antara lain:

  1. Pelajari 1.000 kata bahasa Spanyol yang paling umum dengan cepat
  2. Progress kamu menuju kefasihan bahasa Spanyol (untuk kursus berbasis video)
  3. Belajar bahasa Spanyol hanya dalam 10 menit sehari
  4. Berbicara seperti orang lokal hanya dalam tiga bulan

Dari segi penempatan, ada beberapa opsi yang bisa kamu lakukan

  1. Pelanggan dapat membeli kursus kamu langsung dari situs web kamu
  2. Kamu dapat bekerja dengan blogger untuk mempromosikan kursus kamu dan, sebagai imbalannya membayar mereka komisi untuk setiap penjualan yang mereka lakukan
  3. Kamu dapat menempatkan kursus kamu di aplikasi, yang dapat diunduh melalui toko aplikasi
  4. Kamu dapat bekerja sama dengan penerbit untuk menjual kursus kamu dalam format tertulis di toko buku
  5. Kamu bisa menjual kursus kamu langsung ke pelanggan melalui mail order dengan memasang iklan di koran, majalah, dll

Dari segi harga, kamu mempertimbangkan beberapa aspek:

  1. Biaya: sementara kursus kamu mungkin membutuhkan banyak biaya untuk diproduksi, tetapi biaya marjinal (biaya tambahan) untuk menjual satu langganan tambahan ke kursus kamu minimal
  2. Harga: strategi produk kamu adalah salah satu diferensiasi, jadi kamu akan mengenakan biaya tinggi untuk akses ke kursus kamu
  3. Nilai: sementara nilai berbicara bahasa kedua cukup besar, orang terbiasa membayar jumlah bulanan yang rendah untuk mengakses kursus bahasa online.

Dengan mempertimbangkan semua ini, opsi penetapan harga kamu adalah:

  1. $10 per bulan untuk akses.
  2. Fitur tertentu gratis selamanya, tetapi kamu harus membayar untuk mengakses fitur premium

Dari segi promosi, kamu memutuskan untuk menambahkan beberapa pesan berdasarkan USP yang kamu tawarkan sebelumnya, seperti:

  1. Mengapa membaca buku ketika kamu dapat melihat diri kamu untuk kelancaran berbahasa Spanyol?
  2. Duduk, santai, dan fasih berbahasa Spanyol?
  3. Berbicara seperti orang lokal tanpa membuka buku berbahasa Spanyol. 

Kesimpulan

4P Pemasaran adalah alat yang dapat membantu kamu menawarkan produk yang tepat di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat, dan dengan harga yang tepat. Dimulai dengan membantu kamu menciptakan produk yang benar-benar ingin dibeli oleh pelanggan kamu, menentukan di mana kamu akan menjual produk kamu, harga yang akan kamu kenakan, dan akhirnya bagaimana kamu akan mempromosikan produk kamu.

Peran inti dari product manager adalah memastikan keberhasilan produk mereka. Untuk melakukannya, product manager perlu mengetahui bagaimana membangun produk untuk melayani pasar yang di mana produk mereka akan masuk. Seorang product manager bertanggung jawab atas produk: berfokus pada tempat, harga, dan product. Misalnya, tim pemasaran bertanggung jawab untuk promosi, sementara product manager mungkin hanya memiliki pengaruh pada 3P lainnya, mereka harus memiliki pemahaman mendasar tentang 4P agar produk dapat berhasil.

Referensi

https://corporatefinanceinstitute.com/resources/knowledge/other/4-ps-of-marketing/

https://expertprogrammanagement.com/2022/03/4ps-of-marketing/

https://www.investopedia.com/terms/f/four-ps.asp

https://www.jurnal.id/id/blog/strategi-pemasaran-4p-cara-penerapannya-dalam-bisnis/

https://www.mindtools.com/pages/article/newSTR_94.htm

https://productfolio.com/marketing-mix/