check

ASTRA - Business Sense Fundamentals

Complete the pre-test by Wednesday, 6th July 23:59 WIB (before the next day live session). Students are required to achieve minimum score of 70 to pass the test.

Make sure you choose the right answer. Once you go to the next question, you can’t go back to the previous

Click the button below to start.

Start

Question 1 of 15

Manakah dari pilihan di bawah ini yang BUKAN merupakan sebuah produk?

A

Pepsodent

B

Aplikasi absensi

C

Gocar

D

Mangga Harumanis

E

Tidak ada jawaban yang benar

Question 2 of 15

Apa yang menyebabkan Tech Market Crash di tahun 2022?

A

Bisnis crypto yang tidak memiliki fondasi bisnis yang baik

B

Banyaknya bisnis tech yang burning money lebih daripada mereka menghasilkan uang

C

Adanya oknum yang menyelewengkan uang investor

D

Banyaknya PHK dari startup di seluruh dunia

E

Jatuhnya saham Netflix akibat kebijakan password sharing

Question 3 of 15

Mana dari pilihan di bawah ini yang paling tepat menjelaskan tentang product thinking?

A

Sebuah proses holistik untuk menciptakan nilai tambah dengan membuat sebuah produk

B

Sebuah cara pikir penyelesaian masalah secara customer centric

C

Sebuah skill yang wajib dimiliki product manager

D

Sebuah proses scientific yang dimulai dengan problem statement dan dilanjutkan kepada pembuatan hipotesis untuk dites.

E

Sebuah framework untuk mencari masalah dan memberikan solusinya.

Question 4 of 15

Apa dari poin berikut yang BUKAN termasuk aspek bisnis yang perlu diperhatikan seorang PM?

A

Bagaimana produk dapat menghasilkan uang? Seberapa besar market yang dituju? Seberapa besar potensi bisnisnya?

B

Apa saja biaya yang terikat ketika produk berjalan? Apakah akan menghasilkan bottom line yang positif? Apa yang bisa dilakukan untuk membuat produk lebih efisien?

C

Apa growth indicator yang perlu didorong? Apakah revenue, number of user (MAU), dst. Apa metric bisnis lain yang perlu dimonitor?

D

Bagaimana cara mendorong growth? Apa strategi dan experimen yang dapat dilakukan?

E

Apakah produk bisa di-release tepat waktu? Apakah tim memiliki kompetensi yang tepat untuk membuat produk dengan kualitas yang baik?

Question 5 of 15

Yang mana dari poin berikut yang BUKAN merupakan potensi pemasukan bagi perusahaan?

A

Penjualan langsung

B

Subscription

C

Endorse / sponsorship

D

Investment

E

Gaji pegawai

Question 6 of 15

Manakah dari poin berikut yang bukan merupakan komponen Biaya Langsung?

A

Biaya Admin Payment Gateway

B

Plastik Packaging

C

Admin Packing

D

Manajer Toko

E

Google Ads

Question 7 of 15

Apa dari pilihan berikut yang memiliki definisi sama dengan bottom-line sebuah usaha?

A

Revenue

B

Expense

C

Net Income

D

Gross Income

E

ROI

Question 8 of 15

Ketika ingin mengetahui berapa banyak unit economic dari sebuah produk, jenis profit mana yang akan dilihat?

A

Net Income

B

ROI

C

EBIT

D

EBT

E

EBITDA

Question 9 of 15

Titik dimana setelah melewati threshold critical mass jumlah sales dan user meningkat drastis disebut sebagai?

A

Deciding point

B

Inflection point

C

Growth point

D

Blade point

E

Moment of truth

Question 10 of 15

Apakah boleh melakukan burning money ketika menjalankan sebuah startup?

A

Boleh, asal produk utama yang dijual memiliki nilai unit ekonomi positif

B

Boleh, asal terbukti ada trajectory dimana CAC bertambah seiring berjalannya waktu.

C

Boleh, walaupun ada fraud atau promo digunakan oleh abusing users.

D

Boleh, asalkan burning money digunakan untuk mengembangkan valuasi

E

Tidak boleh, karena bisnis harus selalu memiliki profit yang positif.

Question 11 of 15

Manakah yang BUKAN merupakan contoh Network Effect?

A

Semakin banyak driver Gojek di satu daerah, maka akan semakin cepat pengguna mendapatkan driver, sehingga pengguna juga semakin banyak

B

Semakin banyak film di Netflix, maka semakin banyak pengguna

C

Semakin banyak influencer di Instagram, maka semakin engaged user terhadap Instagram

D

Semakin canggih sistem rekomendasi TikTok, semakin tinggi watchtime user terhadap TikTok

E

Semakin banyak hotel dengan harga bersaing yang terdaftar di Traveloka, semakin tinggi market share Traveloka terhadap keseluruhan market

Question 12 of 15

Yang manakah statement yang SALAH di bawah ini?

A

Network effect adalah kondisi dimana produk menjadi lebih valuable karena lebih banyak penggunanya, baik dari sisi demand maupun supply.

B

Semakin tinggi kepadatan sebuah network, semakin cepat kemungkinan network tersebut untuk berkembang.

C

Critical Mass adalah jumlah user minimal yang dibutuhkan oleh suatu network untuk dapat membuat sebuah platform dapat tumbuh besar dengan bantuan budget marketing secara konsisten.

D

Atomic network adalah konsep untuk memulai bisnis dengan pasar yang sangat niche dan kecil namun memiliki use case yang tepat dan dapat mewakili target pasar utama nantinya.

E

Network effect adalah salah satu bentuk defensibility penting bagi produk digital, walaupun ada produk yang lebih canggih dari Instagram, akan sangat sulit untuk mengalahkan Instagram.

Question 13 of 15

Manakah yang bukan merupakan keuntungan menjalankan produk digital?

A

Direct Network Effect

B

Economies of Scale

C

Switching Costs

D

Digitally Marketed

E

Proprietary tech

Question 14 of 15

Mana di bawah ini yang bukan merupakan strategi yang bisa dilakukan ketika bisnis menghadapi pasar yang jenuh?

A

Pelajari kompetisi dan perkuat USP

B

Tambah budget marketing

C

Cari niche / pasar baru

D

Diversifikasi produk

E

Inovasi produk

Question 15 of 15

Apakah yang dimaksud dengan analogi leaky bucket?

A

Kondisi dimana uang yang keluar lebih banyak dari uang yang masuk

B

Retensi user rendah, sehingga sebaiknya tidak melakukan inisiatif marketing secara besar

C

Bisnis tidak kuat menghadapi pertumbuhan user yang berkembang cepat

D

Profit bisnis negatif sehingga semakin banyak produk dijual kerugian semakin besar

E

Bisnis dijalankan tanpa melakukan validasi, sehingga tidak ada yang menggunakan

Confirm and Submit